Laboratory of Mobile Programming Report Semester I 2020/2021


Pelaksanaan kegiatan akademik Laboratorium Pemrograman Mobile semester ganjil tahun akademik 2020/2021 dilaksanakan masih dalam masa pandemi COVID-19 sehingga hampir seluruhnya dilaksanakan secara online. Meskipun demikian kegiatan akademik yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian dapat terlaksana dengan baik dan akan diuraikan dalam subbab-subbab berikutnya.

  1. Pendidikan

Kegiatan perkuliahan merupakan salah satu kegiatan akademik dalam bidang pendidikan. Dalam masa pandemi ini perkuliahan masih dilaksanakan secara online. Oleh karena itu sebagai upaya agar pelaksanaan perkuliahan online ini terlaksana dengan baik maka dibuat video materi perkuliahan yang dalam semester genap tahun akademik 2020/2021 ini pemrograman mobile. Adapun video materi pemrograman mobile yang telah dibuat selama semester genap ini disajikan dalam tabe1 1.

Tabel 1. Video Materi Perkuliahan Pemrograman Mobile

No. Materi Keterangan Pertemuan
1. Pendahuluan Video yang berisi pengantar perkuliahan pemrograman mobile. 1
2. Pengenalan Flutter Video pengenalan framework fultter untuk pemrograman mobile.
3. Image dan Asset Video cara menambahkan image dan asset ke dalam program/aplikasi 2
4. Row dan Column Video yang membahas tentang widget row dan column.
5. Row dan Colum 2 Lanjutan video yang membahas tentang widget row dan column.
6. Desain Layout Artikel 1 Video yang membahas tentang desain layout untuk menampilkan artikel dalam aplikasi mobile. 3
7. Desain Layout Artikel 2 Lanjutan video yang membahas tentang desain layout untuk menampilkan artikel dalam aplikasi mobile.
8. Listview Video yang membahas tentang mekanisme penampilan data dengan widget listview dalam aplikasi mobile. 4
9. Penggunaan            Tabbar

Pada           Pemrograman

Mobile

Video yang membahas tentang penggunaan tab-bar pada pemrograman aplikasi mobile dengan framework flutter. 5
10. Drawer Menu Video yang membahas penerapan drawer menu dalam aplikasi mobile dengan framework flutter. 6

 

11. Navigasi dan Route Video yang membahas mekanisme navigasi dan route dalam aplikasi mobile dengan framework flutter. 7
12. Navigasi dan Route dengan Pengembalian dan Pengiriman Data Video yang membahas mekanisme route dan navigasi dengan pengembalian data dari layar dan pengiriman data ke layar baru dalam aplikasi mobile menggunakan framework flutter. 8
13. Mengambil data Dari Internet Video yang membahas tentang pengambilan data dari internet dengan protokol http dan method get di aplikasi mobile dengan flutter. 9
14. Fetch Data JSON Video yang membahas tentang pengambilan data dari internet berupa JSON dan ditampilkan ke aplikasi mobile dengan framework Flutter. 10
15. Konsep MVVM dalam Pemrograman Mobile dengan Flutter Video yang membahas tentang konsep MVVM dalam pemrograman mobile dengan Flutter. 11
16. Membuat Form               di

Flutter

Video yang membahas tentang pembuatan form aplikasi mobile dengan Flutter. 12
17. Memperoleh Data dari Form Video yang membahas memperoleh data dari form yang dimasukkan oleh pengguna dalam aplikasi mobile dengan Flutter. 13
18. Mengirim data dari form ke DBMS MySQL Video yang membahas tentang mekanisme pemrograman untuk mengirim data dari form aplikasi mobile ke server DBMS MySQL. 14

 

Video ini dibuat agar mahasiswa dapat mengakses kapanpun dan dari manapun dengan fleksible baik dengan smartphone, komputer notebook, atau PC. Selain itu peserta perkuliahan juga bisa mengulang video kembali jika diperlukan. Tautan video dapat diakses melalui platform e-learning yang telah disediakan oleh kampus. Selain sebagai sarana untuk mengakses materi perkuliahan, e-learning juga digunakan untuk pemberian tugas, pelaksanaan ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Untuk sarana tanya-jawab ataupun sebagai forum diskusi terkait dengan materi yang sedang dibahas, disediakan group whatsapp untuk tiap kelasnya.

Selain kegiatan perkuliahan, pada semester genap ini terdapat tiga mahasiswa bimbingan yang telah menyelesaikan skripsinya. Skripsi tersebut bertema teknologi aplikasi mobile. Adapun nama mahasiswa dengan judul skripsi yang dimaksud disajikan dalam tabel 2.

Tabel 2. Mahasiswa yang Telah Menyelesaikan Skripsi

No. Nama NIM Judul
1. Aghna Fikrunafuddin 15650112 Aplikasi Pengenal Bagunan Bersejarah di Kota Malang Menggunakan Convolutional Neural Network dan Linked Open Data.
2. Fio Aziz Nugroho 15650124 Klasifikasi Nama Benda Dalam Aksara Jawa Berbasis Android Menggunakan Metode Convolutional Neural Network
3. Ahmad Riza 16650053 Sistem Penentuan Target Promosi Pada Konsumen Menggunakan Geofence

 

  1. Penelitian

Dalam bidang penelitian, laboratorium pemrograman mobile pada semester genap 2020/2021 telah menghasilkan artikel jurnal ilmiah yang telah diterbitkan bulan November 2021. Adapun artikel jurnal yang dimaksud sebagaimana ditunjukkan tabel 3.

Tabel 3. Artikel Jurnal Ilmiah

No. Judul Nama Jurnal dan Volume DOI Index/Akreditasi
1. Design of Networked Multiplayer Snake and Ladder Educational Game Based on Hash Map and Vector Data Structure JUITA Vol. 8 Nomor 2, November 2020 10.30595/juita.v8i2.8436 DOAJ, SINTA 2

Selain itu dari kegiatan penelitian juga telah menyelesaikan tiga skripsi

 

mahasiswa sebagaimana disajikan dalam tabel 2. Dari penelitian ini juga telah dihasilkan tiga aplikasi mobile sesuai dengan temanya.

Pada semester genap 2020/2021 ini belum dihasilkan sertifikat Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) meskipun dokumen-dokumen telah siap untuk diajukan. Hal ini dikarenakan seringnya interuksi dari atasan untuk pelaksanaan kerja dari rumah sebagai upaya untuk pencegahan penularan COVID-19.

  1. Pengabdian Masyarakat.

Pada semester genap 2020/2021 laboratorium pemrograman mobile ikut tergabung dalam Jurusan Teknik Informatika untu pelaksanaan Community Development Program yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darut Tauhid Kota

Malang. Dimana dalam kegiatan ini diambil tema Pengembangan Pembelajaran Hybrid Learning.