Kunjungan MAN 1 Jombang


Fakultas Sains dan Teknologi  Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang kedatangan tamu dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jombang. Kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal  9 February 2011 pukul 14.00 WIB itu untuk melihat secara langsung semua jurusan yang berada di bawah Fakultas Sains dan Teknologi, salah satunya Teknik Informatika. Kedatangan MAN 1 Jombang pada studi tour ini disambut baik  dari pihak fakultas dan jurusan mengingat sebagai sarana pengenalan fakultas Sains dan Teknologi khususnya jurusan Teknik Informatika kepada masyarakat luas.

kunjungan man 1 jombang2

Di jurusan Teknik Informatikam rombongan mengunjungi laboratorium yang jurusan miliki salah satunya laboratorium Artificial Intelligence (AI), Di laboratorium ini komunitas UINBUNTU (Komunitas Pecinta Open Source dan Linux UIN Maliki Malang) mempresentasikan salah satu distro buatan anak negeri yaitu BlankOn Ombilin kepada siswa-siswi MAN 1 Jombang. Ketua UINBUNTU, Fajar Rizky Saputra dibantu oleh anggota komunitas mempresentasikan langsung sistem operasi yang bersifat opensource tersebut. Dalam presentasi ini topik yang dibahas meliputi apa yang dimaksud dengan linux, macam-macam distro linux dan keuntungan dari penggunaan Linux, serta kelebihan BlankOn Ombilin yang tidak kalah bagus dengan OS yang lain.

BlankOn Ombilin itu sendiri merupakan versi terbaru dari BlankOn (salahsatu distro linux buatan anak negeri) yang disajikan dengan bahasa Indonesia yang di dalamnya sudah terdapat beberapa pilihan bahasa nusantara. Dalam presentasi kali ini dijelaskan aplikasi-aplikasi dan fitur-fitur apa saja yang ada di BlankOn Ombilin. Aplikasi umum diantaranya Qioo Al-Qur’an di OpenOffice (menyisipkan Al-Qur’an ke open office), Zekr (al qur’an terjemahan dan suara tartil on-line), Othman Qur’an (qur’an browser atau al qur’an digital), Nor (perambahan al-qur’an), Minbar (pengingat waktu sholat), Stellarium (aplikasi melihat tata surya/planetarium)  dan fiturnya lain diantaranya ada dukungan penulisan arab, DNS Nawala, Hijra (kalender islam), Monajat (aplet menampilkan doa-doa), Thawab (ensiklopedi islam) dan Hadist Web (kumpulan hadist-hadist shokhih).  Dalam acara ini juga dibagikan sebanyak 20 keping CD BlankOn Ombilin secara gratis sehingga siswa-siswi bisa langsung mencoba live cd BlankOn Ombilin ini dengan menggunakan computer yang ada di laboratorium.

kunjungan man 1 jombang

Meskipun ada beberapa yang belum mengertil inux, tetapi peserta kunjungan (kurang lebih 75 siswa/siswi) cukup antusias dengan materi yang disajikan dan tertarik untuk mendalami lebih dalam mengenai Linux. Hal ini dibuktikan dengan berebutnya mereka terhadap CD BlankOn Ombilin yang dibagikan dan takut akan tidak kebagian CD. Karena kapasitas lab yang terbatas maka presentasi dibagi dalam tiga gelombang.