Gebyar ICT HMJ TI UIN Malang: Seminar Nasional Enterpreneurship dengan tema “Kreatifitas Bisnis dengan Teknologi Informasi” dengan Narasumber Romi Satria Wahono


Seminar Nasional Enterpreneurship
Seminar Nasional Enterpreneurship

Sesekali gema tepuk tangan peserta menambah kemeriahan seminar yang diadakan di Gedung Aula Pasca Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, pada hari ini tanggal 23 November 2010. Seminar Nasional Enterpreneurship dengan tema “Kreatifitas Bisnis dengan Teknologi Informasi” dengan narasumber Romi Satria Wahono yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Informatika. Seminar yang dihadiri lebih dari 300 peserta yang sebagian besar adalah mahasiswa (baik mahasiswa dalam maupun mahasiswa luar kampus UIN Maliki) merupakan salah satu rangkaian acara Gebyar ICT 2010 HMJ TI UIN Maliki Malang. Gebyar ICT 2010 itu sendiri diagendakan akan berlangsung selama sepekan dimulai dari tanggal 21 s/d 27 November 2010.
Dalam presentasinya narasumber mengatakan bahwa untuk terjun di bidang techno-preneurship maka strategi yang digunakan adalah:

  • Pahami pasar, dan arahkan hasil penelitian untuk memenuhi kebutuhan pasar riil.
  • Pahami model bisnis di internet, dan gunakan untuk memasarkan hasil (produk) penelitian.

Di bagian lain dari presentasinya narasumber juga mengatakan bahwa ada beberapa permasalahan di Indonesia yang dihadapi apabila seseorang terjun di bidang techno-preneurship. Permasalahan-permasalahan tersebut adalah:

  • Keterbetasan pengetahuan
  • Gap yang terlalu tinggi antara industri dan akademisi
  • Keterbatasan modal
  • Trend SDM IT di Indonesia ke arah cracking activities (carding, defacing, attacking)
  • Kurangnya keterlibatan pemerintah untuk melindungi (proteksi) produk lokal (contoh kasu: Ichitaro dan TRON di Jepang)
  • Kurang produktifnya penggunaan internet. Bagi kebanyakan orang internet hanya digunakan untuk hiburan dan pencarian, misalnya: social networking, googling, baca berita, main game, dll.

Di akhir presentasinya narasumber menjelaskan bahwa terdapat tiga model bisnis di internet: jual produk, publisher iklan, dan menjual (competence) diri.